Selasa, 17 Mei 2016

14 Tips Mudah Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

14 Tips Mudah Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih,-Tentunya untuk kita semua penyakit yang satu ini bukanlah hal yang asinng lagi,karena penyakit ini bisa menimpa siapa saja dari semua kalangan usia baik itu anak-anak hingga orang dewasa,aka wanita akan sangat rentan sekali terkena penyakit ini.Nah maka dari itu kali ini rhinfokesehatan.blogspot.co.id akan berbagi tips untuk mencegah dan juga mengatasi penyakit infeksi saluran kemih ini.Apa sajakah tipsnya ? simak ulasannya berikut ini.

14 Tips Mudah Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih


14 Tips Mudah Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

14 Tips Mudah Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih,-Penyakit infeksi saluran kemih merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan paling umum.Namun meskipun begitu bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah ataupun diatasi,justru penyakit pencernaan yang satu ini bisa kita cegah dan kita obati dengan sedini mungkin.Untuk itu kali ini kami akan berbagi informasi kepada anda mengani tips yang sangat mudah untuk kita lakukan dalam mengantisipasi penyakit infeksi saluran kemih dengan efektif berikut ini :

  • Memperbanyak Minum Air Putih
Hal pertama yang harus Anda ikuti ketika Anda menderita infeksi saluran kemih adalah minum banyak air putih. Jumlah yang ideal akan 8-10 gelas air per hari. Minum banyak air akan membuat sering buang air kecil dan ini akan membantu untuk mengurangi konsentrasi bakteri dalam kandung kemih dan saluran kencing. Bakteri akan keluar bersama dengan urin.

  • Baking Soda
Anda dapat mencegah infeksi saluran kemih pada tahap awal dengan menggunakan baking soda. Tambahkan 1 sendok teh baking soda ke dalam segelas air dan minum dua kali sehari . Baking soda menetralkan keasaman dalam urin dari orang yang terinfeksi. Keseimbangan asam-basa urin akan dikoreksi oleh baking soda, cara ini akan membantu pemulihan dengan cepat infeksi saluran kencing pada tahap awal.

  • Jus Cranberry
Ini salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk infeksi saluran kemih. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus cranberry secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah infeksi saluran kencing. Anda bisa minum setengah gelas jus cranberry setiap hari untuk melindungi  dari infeksi saluran kemih. Jika Anda sudah menderita infeksi , Anda harus mengkonsumsi setidaknya tiga sampai empat gelas jus cranberry sehari. Ini akan mencegah kerusakan pada ginjal yang disebabkan oleh infeksi. Zat proanthocyanidinsterkandung dalam cranberry mencegah pertumbuhan bakteri di saluran kemih dan uretra . Jus cranberry juga memiliki efek antibiotik. Sebaiknya konsumsi jus cranberry tanpa pemanis untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Mengonsumsi Buah Nanas
Anda dapat mengkonsumsi nanas dalam bentuk buah atau jus nanas untuk menyembuhkan infeksi saluran kencing. Nanas memiliki sifat anti – inflamasi karena mengandung enzim yang disebut Bromelain. Hal ini akan membantu mengurangi gejala infeksi saluran kemih. Lebih baik mengkonsumsi nanas segar daripada yang kalengan. Karena buah kalengan mungkin sudah ditmabahkan gula dan mengandung bahan pengawet, sehingga mengurangi nilai gizi.

  • Mengonsumsi Buah Bluberi
Bluberi memiliki sifat anti – bakteri yang membantu untuk melawan infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri. Anda dapat menambahkannya ke sarapan atau Anda dapat mengambil jus segar blueberry dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang cepat. Sebaiknya jangan menambahkan pemanis ke dalam jus. Gula mendorong pertumbuhan bakteri. Antioksidan yang terdapat dalam blueberry juga mencegah infeksi dari tubuh.

  • Kompres Dengan Air Hangat
Jika Anda mulai tersiksa gejala infeksi saluran kencing, coba kompres bagian perut yang terasa sakit dengan kompres air panas/hangat. Gunakan tas/kain untuk membalut botol kaca yang berisi air panas, kompres pada area perut bawah. Panas akan meningkatkan sirkulasi darah di daerah perut bagian bawah dan mengurangi peradangan. Sehingga mengurangi derita rasa sakit infeksi saluran kencing.

  • Menghindari Makanan Yang Menimbulkan Iritasi
Lebih baik hindari makanan yang akan mengiritasi kandung kemih. Contohnya adalah cokelat, produk susu seperti keju, makanan pedas dan beberapa makanan olahan dapat memperburuk infeksi saluran kencing. Hindari minuman berkafein , alkohol dan minuman ringan ketika Anda menderita infeksi saluran kencing . Makanan dan minuman tersebut dapat memperburuk kondisi dan dapat mengurangi efek dari pengobatan rumah yang sedang Anda jalani.

Baca Juga Informasi Terkaitnya : Cara Paling Jitu Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

  • Cuka Apel
Cuka apel merupakan obat alami yang mengandung banyak enzim dan kalium yang mencegah pertumbuhan bakteri. Cuka sari apel bertindak sebagai antibiotik dan melawan bakteri penyebab infeksi. Anda dapat menambahkan 2-3 sendok teh cuka sari apel dan satu sendok teh madu ke segelas air dan minum setidaknya tiga kali sehari untuk terapi penyembuhan infeksi saluran kencing.

  • Perbanyak Mengonsumsi Asupan Vitamin C
• Ketika Anda menderita infeksi saluran kencing Anda harus meningkatkan asupan makanan yang mengandung vitamin C.
• Vitamin C membantu dalam menjaga keseimbangan asam-basa urin dan membatasi pertumbuhan bakteri .
• Anda dapat menyertakan buah jeruk seperti lemon, jeruk, tomat, jambu biji, kiwi, dll.
• Lebih baik untuk menghindari suplemen vitamin C dengan tambahan gula ketika Anda sedang mengalami infeksi.

  • Tea Tree Oil
Minyak pohon teh membantu mengurangi infeksi saluran kencing karena memiliki efek anti – bakteri, namun Anda tidak dapat mengkonsumsi minyak pohon teh.
• Anda dapat menambahkan sepuluh tetes minyak pohon teh ke air mandi dan dapat menggunakan larutan ini untuk mencuci daerah genital.
• Anda dapat menggunakan campuran jumlah yang sama dari minyak pohon teh, minyak cendana dan minyak juniper untuk menggosok pada daerah perut bagian bawah untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan infeksi saluran kencing.

  • Air Barley
Minum air barley membantu mengurangi infeksi saluran kencing. Rebus 2-3 gelas air dengan satu sendok bubuk barley. Dinginkan dan minum 4-5 kali sehari. Barley memiliki sifat diuretik yang membantu Anda untuk buang air beberapa kali sehari. Bersamaan dengan urin bakteri akan dikeluarkan dari tubuh.

  • Uva Ursi
Tanaman ini membantu untuk melawan infeksi karena mengandung bahan kimia yang memiliki sifat antiseptik. Obat ini tidak cocok untuk orang dengan masalah ginjal dan hati, dan aman bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui .

  • Menjaga Kebersihan Pada Area Pribadi
Kebersihan pribadi diperlukan untuk mencegah infeksi, terutama seringkali dialami wanita. Untuk itu, perhatikan kebersihan area pribadi. Setelah buang air kecil, seorang wanita harus menghapus dari depan ke belakang sehingga bakteri dari anus tidak diarahkan ke saluran kemih . Perempuan dan pasangannya juga harus membuat mempraktekkan pola bersih sebelum dan setelah aktivitas seksual, daerah genital dan anal harus tetap bersih. Jangan menggunakan parfum / pmbersih/pembalut  berparfum di dekat daerah genital yang dapat membunuh bakteri yang baik di area kewanitaan . Cara lain untuk menghindari infeksi adalah dengan menggunakan pembalut, bukan tampon. Tampon dapat menyebabkan infeksi dan mereka juga dapat memperparah infeksi.

  • Gunakan Pakaian Dalam Berbahan Katun
Menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap membuat sulit untuk menyingkirkan infeksi saluran kemih. Seiring dengan mencoba berbagai solusi terapi rumah untuk infeksi saluran kemih, Anda harus memakai celana dalam berbahan katun, kapas. Lebih baik untuk menghindari penggunaan celana jeans ketat /pressbody/legging. Bahan yang tidka menyerap keringat dan cairan vagina dan pakaian ketat pas menyebabkan retensi keringat dan kelembaban di daerah kelamin. Hal ini akan mendorong pertumbuhan bakteri di daerah kelamin

Itulah sobat kesehatan informasi menarik mengenai tips untuk mengatasi infeksi saluran kemih yang sederhana dan murah.Meskipun penyakit ini tergolong sebagai salah satu penyakit yang cukup serius akan tetapi dengan adanya kita selalu menjaga pola makan dan juga pola hidup sehat dengan baik maka akan terhindar dari penyakit infeksi saluran kemih ini.,-14 Tips Mudah Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Terimakasih Atas Kunjungannya,Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Kita Semua

Baca Juga Informasi Menarik Lainnya :
Cara Paling Jitu Menyembuhkan Infeksi Mulut Rahim
Spirulina Plus Tablet
Manfaat Cordyceps Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Kesehatan Tubuh

Post By RH Info Kesehatan

14 Tips Mudah Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar